f Bocoran Kisi-Kisi Soal Ujian Tes CPNS 2013 - Liputan Pendidikan

Bocoran Kisi-Kisi Soal Ujian Tes CPNS 2013

Kisi-Kisi Soal Ujian Tes CPNS 2013
Kisi-Kisi Soal Ujian Tes CPNS 2013 - Pemerintah telah membuka seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil ( CPNS ) baru di tahun 2013 ini. Kuota CPNS tahun 2013 sejumlah 60.000 yang dapat disaring melewati tes, kedepannya beberapa CPNS harus lulus tes kompetensi dasar ( TKD ) serta tes kompetensi bidang ( TKB ), cocok bidang tugas tiap-tiap jabatan.

Untuk TKD, kisi-kisinya terdiri dari 3 grup, yakni :

Pertama, tes wawasan kebangsaan ( TWK ), yang ditujukan untuk menilai penguasaan pegetahuan serta kekuatan mngimplementasikan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan indonesia, meliputi pancasila, undang-undang dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, serta NKRI. NKRI ini meliputi sistem tata negara, baik pusat ataupun tempat, histori perjuangan bangsa, fungsi indoensia didalam tatanan regional ataupun global, serta kekuatan berbahasa indonesia dengan baik serta benar.

Kedua, tes itelegensi umum ( TIU ), yang ditujukan untuk menilai kekuatan verbal, yaitu kekuatan saat menyampaikan informasi dengan lisan ataupun catat, kekuatan numeric, yaitu kekuatan lakukan operasi perhitungan angka serta lihat jalinan di antara angka-angka.

Ketiga, tes karakteristik pribadi ( TKP ), yang ditujukan untuk menilai integritas diri, motivasi berprestasi, kreativitas serta inovasi, tujuan pada service serta orang lain, kekuatan beradaptasi, mengendalikan diri, bekerja mandiri serta tuntas, tekad serta kekuatan studi berkepanjangan, kekuatan bekerja bersama didalam grup, serta kekuatan menggerakkan serta mengkoordinir orang lain.

Namun untuk tes kompetesi bidang, kisi-kisinya disusun serta ditetapkan oleh tiap-tiap lembaga pembina jabatan fungsional. Contohnya, untuk guru oleh kementerian pendidikan serta kebudayaan, untuk medis paramedic oleh kemenetrian kesehatan.

Penyusunan masalah serta pengolahan hasil TKD dikerjakan oleh panitia pengadaan CPNS nasional, dibantu oleh tim pakar dari konsorsium perguruan tinggi. Untuk tahun ini, pengolahan hasil TKD akan memakai computer assisted test ( CAT ).

Penentuan kelulusan TKD, didasarkan pada nilai ambang batas kelulusan ( passing grade ) yang ditetapkan oleh menteri pan-rb menurut rekomendasi dari tim ahli/konsorsium perguruan tinggi negeri. Namun TKB, cuma untuk peserta seleksi yang sudah dinyatakan lulus TKD.

CPNS yang diharapakan dari seleksi itu yaitu memiliki karakteristik pribadi sebagai penyelenggara service pada masyarakat serta dapat bertindak sebagai perekat NKRI. Disamping itu, juga mempunyai intelegensi yang tinggi untuk pengembangan kapasitas serta kinerja organisasi pemerintah, dan mempunyai keterampilan.

Related Posts:

0 Response to "Bocoran Kisi-Kisi Soal Ujian Tes CPNS 2013"

Posting Komentar