f Kisi-Kisi Soal Ujian Tes CPNS 2014 - Liputan Pendidikan

Kisi-Kisi Soal Ujian Tes CPNS 2014

Telah diresmi diumumkan bahwasannya Rekrutmen CPNS 2014 akan dibuka pada pertengahan bulan Juli 2014 bertepatan dengan puasa Ramadhan 1435 H. Menurut informasi dari BKN mengenai jadwal kepastian dibukanya seleksi CPNS 2014 akan dimulai pada minggu ke 3 dan 4 bulan Juli 2014, serta akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia melalui pendaftaran online.

Kisi-Kisi Soal Ujian Tes CPNS 2014
Selain itu berdasarkan info yang kami terima, bahwa untuk ujian CPNS 2014 ini akan menggunakan sistem full CAT (Computer Assisted Test). Tujuannya tidak lain dan tidak bukan untuk meminimalisir tindak kecurangan dalam proses rekrutmen CPNS 2014. Dengan begitu calon peserta CPNS yang bakal lolos atau yang mempunyai peluang besar diterima adalah mereka yang benar-benar memiliki skill.

Nah buat Anda yang ingin mendaftarkan diri mengikuti tes CPNS 2014, alangkah baiknya mulai dari sekarang mempersiapkan diri semaksimal mungkin, karena dapat dipastikan persaingan untuk lolos seleksi CPNS 2014 akan semakin ketat dan sulit dengan sistem CAT yang digunakan pada ujian tahun ini. Untuk membantu Anda dalam ujian CPNS 2014, berikut kami sampaikan kisi-kisi soal ujian tes CPNS 2014 yang kami himpun dari berbagai sumber.

1. Untuk kisi-kisi tes kompetensi dasar (TKD), sebenarnya tidak jauh berbeda seperti di tahun lalu, yakni kisi-kisinya terdiri dari 3 kategori yang diantaranya adalah:
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta dalam pengusaan pengetahuan serta kemampuang dalam mengimplementasikan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan. Yakni berupa Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan hal-hal yang terkait dengan NKRI.
  • Tes Itelegensi Umum (TIU). Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan verbal masing-masing peserta, yang meliputi kemampuan/kecakapan dalam penyampaian informasi baik lisan maupun tulisan, serta untuk mengukur kemampuan numeric peserta yang terkait dengan perhitungan angka-angka.
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Tes ini bertujuan untuk menilai integritas diri calon peserta, yakni berupa semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pelayanan kepada orang lain, juga kemampuan dalam beradaptasi dengan kondisi sekitar, kemampuan dalam mengendalikan diri, kemampuan bekerja secara mandiri dan tuntas, juga kemauan dan kemampuan belajar secara berkelanjutan, kemampuan bekerjasama secara kelompok, serta kemampuan dalam menggerakkan dan mengkoordininasikan orang lain.
2. Kisi-kisi Tes Kompetensi Bidang (TKB), pada dasarnya soal TKB ini disusun serta ditetapkan oleh masing-masing instansi pembina jabatan fungsional. Misalnya untuk TKB guru, maka soal dan dan segala sesuatunya disusun oleh Kementerian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. Sedangkan untuk paramedis, soal TKB di susun oleh Kementerian Kesehatan RI, dan begitu seterusnya.

Selain itu perlu diketahui pula bahwa dalam penyusunan soal CPNS 2014 dilakukan oleh panitia pusat pengadaan CPNS nasional dan dibantu oleh tim ahli dari konsorsium perguruan tinggi, sehingga soal yang dikeluarkan lebih berkualitas.

Sedangkan untuk penentuan kelulusan materi TKD diambil dari nilai ambang kelulusan atau passing grade yang telah ditetapkan untuk Kemenpan-RI sesuai dengan rekomendasi yang dikeluarkan oleh tim ahli/konsorsium perguruan tinggi negeri. Dan untuk TKB penentuan kelulusan mempunyai kreterianya sendiri dan ini hanya dikhususkan bagi peserta yang sudah dinyatakan lulus di TKD. Jika sudah lulus di kedua tes ini, maka peserta baru akan diangkat menjadi CPNS 2014 sesuai dengan instansi yang dipilih.

Attachment: http://goo.gl/ZiW1PK (contoh soal-soal TKD CPNS)

Related Posts: