Contoh RPP Silabus Kurikulum Pendidikan Dasar 2013


Contoh RPP Silabus Kurikulum Pendidikan Dasar 2013
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah implementasi dari silabus sebagai program pengajaran. Mulai tahun Pelajaran 2013/2014 diaplikasikan Kurikulum baru 2013, pasti dengan beragam pergantian kompetensi serta metode bikin penyusunan RPP juga alami pergantian. Silabus Kurikulum 2013 dibuatkan oleh kemdikbud.

Pada tingkat Sekolah Dasar (SD) serta sederajat, Kurikulum 2013 memakai metode pembelajaran tematik intergratif. Saat metode ini materi yang dipelajari kaitkan memakai sesuatu tema, sistem mata pelajaran tidak demikian tampak. Tiap-tiap tingkatan kelas disiapkan lebih kurang delapan tema yang perlu diajarkan guru.

RPP Kurikulum Pendidikan Dasar 2013 berisi perihal yang langsung terkait dengan kegiatan pembelajaran didalam usaha pencapaian penguasaan satu kompetensi dasar. Belum terdapat banyak kursus yang dikerjakan oleh kemdikbud untuk guru-guru saat menerapkan Kurikulum 2013, terhitung saat menyusun RPP yang cocok silabus Kurikulum 2013.

Berikut adalah contoh RPP SD Kurikulum 2013 yang dapat anda ambil di attachment dibawah ini:
  • Contoh RPP Kurikulum 2013
  • Contoh RPP kelas 1 SD Kurikulum 2013
  • Contoh RPP kelas 4 SD Kurikulum 2013
  • Contoh RPP kelas 5 SD Kurikulum 2013
Saat menyusun RPP guru mesti mencantumkan standar kompetensi serta kompetensi dasar yang dapat disusun didalam RPP tersebut. Didalam RPP dengan rinci mesti berisi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, beberapa langkah aktivitas pembelajaran, sumber studi, serta penilaian.

Attachment:
http://goo.gl/DWbXlW (1), http://goo.gl/jQh5Xa (2), http://goo.gl/dcD02a (3), http://goo.gl/prAozk (4)

Related Posts:

38 Responses to "Contoh RPP Silabus Kurikulum Pendidikan Dasar 2013"

  1. KOK GAK SAMA YA DENGAN YG SAYA PELAJARI KURIKULUM 2013?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada baiknya diketahui konsep dasarnya, semisal dalam RPP 2013 tidak lagi menggunakan tiga tahapan akan tetapi menggunakan 5 tahapan yang disebut dengan pendekatan saintific. Download Kurikulum 2013 pada deskripsi video ini

      Hapus
  2. betul pa syamsul dimana letak tematik integratifnya....

    BalasHapus
  3. Mungkinkah kurikulum 2013 akan tetap digunakan setelah pemilu 2014...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di gunakan th 2014 berarti bukan kurikulum 2013 dong namanya tapi kurikulum 2014.hhhh

      Hapus
  4. kurikulum 2013 memang seharusnya hanya digunakan pada tahun 2013, jika udah 2014 berarti kurikulum 2014, itu artinya pas bersamaan tahun di mana pemilu berlangsung. makanya kemungkinan diganti lagi kurikulumnya di tahu 2014 ada benarnya juga kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. penetapan kurikulum 2013 sama kaya penetapan UU. UU tahun 2010, bukan berarti gak dapat diterapkan di 2014, UU itu akan berlaku seterusnya jika tidak ada revisi atau UU baru yang menggantikannya. jadi sebenarnya sudah jelas, kurikulum 2013 ke abshanannya akan selamanya, jika tidak ada sistem kurikulum baru di tahun berikutnya.

      Hapus
  5. Betul betul betul.............hahahahahaha

    BalasHapus
  6. untuk kelas 1 nya,, apa ada yang semester 1??

    BalasHapus
  7. kurikulum kompetensi dasar. ada pada saya

    BalasHapus
  8. Gimana, ya? Kayak-kayaknya nich ... KK 2013 kurang laku buat anak-anak SD. Guru-gurunya aja masih pada bingung, apalagi murid-muridnya, banyak yang bengong. Baiknya sih, menurut aku, "Balik maning nang KTSP 2006.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sips brow, semakin banyak banyak gonta ganti kk guru aja bingung apa lagi muritnya, itulah yang membuat pendidikan di INA tidak maju n makin membuat keterpurukan pendidikan hati2 brow

      Hapus
    2. hhhhhhhh,pak Mad kosim, emang dikira gampang apa KTSP, Ktsp itu muluk-muluk ga realistis, terlalu tinggi tapi gak kejangkau, simpelan Kur 2013 lagi, konsepnya jelas, ga bikin ribed, bukunya lengkap ada buku guru& buku siswa, di buku guru sudah tercermin langkah2 pembelajarannya, coba aza dulu dilaksanain, saya aza nyoba ngelaksanainnya, respon anak positif qo

      Hapus
    3. ada ga kurikulum 2013 untuk Sekolah Luar Biasa tingkat SD sampai SMA

      Hapus
  9. mau kurikulum apapun pas waktunya ngajar bukunya doang di kelas gurunya mah ngupiiii di kantor ...... hehehe

    BalasHapus
  10. KOK BISA BEDA2 KAN NAMANYA SAMA, APA INI MERUPAKAN PARIASI?

    BalasHapus
  11. biasanya ganti presiden, ganti menteri ganti kebijakan, kurikulum ganti lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya sih gitu, maklum proyek milyaran

      Hapus
  12. Jangan-jangan karena tunjangan sertifikasi guru dikibuli dengan kurikulum yang rada njelimet, gurunya aja udah pusing, bagaimana dengan siswanya

    BalasHapus
  13. woh kurikulum 2013 lebih detil, tapi gimana dengan pelaksanaanya , yah .....? tanya guru

    BalasHapus
  14. Bagaimana untuk tahun Pertama Pelaksanaan Kurikulum 2013 ini, program pembelajaran itu sudah disajikan secara detail pada buku Paket itu sendiri Mulai Program Tahunan, Semesteran, Bulanan, Mingguan, serta Harian serta RPP nya Secara lengkap sebagai bahan pendalaman oleh para guru agar dalam pelaksanaan PBM-nya tepat sasaran, tentunya setelah satu tahun pertama usai baru DIEVALUASI secara Nasional mohon maaf yah semoga sampai ke Tim Perumus Nasional Amiin.

    BalasHapus
  15. Mari bangkitkan bangsa ini di dalam mencari ilmu dan gemar berkarya yang positif berwawasan luas dunia akhirat amiin

    BalasHapus
  16. Masalah indikatornya dapat diberi tiga kategori untuk Sekolah yang berada di wilayah Kota, transisi, serta yang dianggap pinggiran

    BalasHapus
  17. mau kurikulum 2013 '15 '16 yang penting materi tersampaikn dg tuntas,, ga makan gaji buta.. hehehh..

    BalasHapus
  18. yang penting pendidikan itu sarana dan prasarananya memadai. untuk anak2 kecil penting banget ruang untuk bergerak dan berekspresi. sekolah sd aja sempit. Jajan juga pada sembarangan. kita bisa belajar dari negara lain gimana mereka mendidik anak dari usia dini. makanya ayo kita minta ke pemerintah untuk memperluas bangunan dan rth sekolah(ruang terbuka hijau). masa indonesia begitu luasnya buat bangunan sekolah yg luas aja pelit.

    BalasHapus
  19. trimakasih atas informasinya ya, apapun yang direncanakan semoga kurikulum 2013 adalah sudah matang dan siap untuk diluncurkan

    BalasHapus
  20. btul itu,,,,,kurikulum brubah,,sarana dan peasarana harus di tingkatkan ,,,, guru senang menang mengajar dan murit senang belajar.

    BalasHapus
  21. kurikulum berubah,agar anak senang belajar

    BalasHapus
  22. Bagaimana dengan Kurikulum pada tahun 2014 ? apakah masih akan berlaku setelah pemilu dan penggantian kabinet ? sebagaimana kita ketahui kurikulum itu merupakan proyek besar oleh para pejabat pemerintahan khususnya yang menangani masalah pendidikan, yang ujung-ujung-nya untuk mengeruk uang negara ( korupsi ).

    Salam.
    Faisal Nisbah
    http://faizalnizbah.blogspot.com/

    BalasHapus
  23. Tks infonya, kami juga menyediakan buku-buku pelajaran kurikulum 2013, silakan bisa langsung
    ke bukupelajarankurikulum2013.blogspot.com. Hub. P. Heri 081227992609 untuk info buku-buku kurikulum 2013

    BalasHapus
  24. kok tambah rumit ya kurikulumnya,,,

    BalasHapus
  25. kita mah sebagai guru yang ono di daerah ga bisa apa-apa kurikulum 2013 ke apa ke ganti presiden ganti mentri kebijakan ganti itu pasti karena saya mah butuh ada sosialisasi yang menyeluruh ga planga nplongo ngajar makin bingung katanya kk 2013 itu asik baru katanya ,aku bentuke bae ra tau ya sing penting siswa belajar gawe pinter ojo gawe aku pusing yen weru kk 2013 aku laksana kan yen ga weru ya wis biasa aja tolong ya LPMP info nya aku tunggu gitu loh ojo sewot maring aku wong deso kpengen pinter ngajare

    BalasHapus