f Pengumuman Hasil Ujian Nasional (UN) SMP 2014 - Liputan Pendidikan

Pengumuman Hasil Ujian Nasional (UN) SMP 2014

Sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh kemdikbud mengikuti POS UN SMP 2014 tentang jadwal pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) SMP 2014, maka secara resmi informasi kelulusan akan diumumkan pada hari Sabtu, 14 Juni 2014.

Pengumuman Hasil Ujian Nasional (UN) SMP 2014
Credit: Kabar24.com
Tidak jauh berbeda dengan pengumuman kelulusan UN SMA 2014, untuk tingkat SMP pengumuman kelulusan juga akan dilakukan secara online dan langsung melalui sekolah-sekolah. Tujuannya sama saja, untuk meminimalisir aksi corat-coret yang dilakukan oleh siswa SMP setelah mereka mengetahui hasil ujian nasional SMP 2014. Jika kamu berada di wilayah Jakarta, kamu dapat melihat pengumuman kelulusan UN SMP secara online pada attachment di akhir tulisan ini.

Namun disamping kabar gembira tersebut, ada informasi yang mengkhawatir, yakni tingkat ketidaklulusan siswa SMP tahun ini meningkat. Sebagaimana yang diketahui bahwa jumlah peserta yang mengikuti UN SMP 2014 sebanyak 3.902.938 siswa. Bertambahnya peserta UN ini jelas menjadi pemicu ketidaklulusan siswa SMP di UN 2014.

Selain itu ketidaklulusan siswa juga diprediksi lantaran porsi soal ujian yang berada di kategori sukar/susah bertambah, yakni sekitar 20%. Kasus ini pernah terjadi pada hasil pengumuman kelulusan UN untuk tingkat SMA beberapa waktu yang lalu, sehingga banyak siswa yang tidak lulus. Selain itu faktor lain yang mungkin mempengaruhi tingkat ketidaklulusan siswa, adalah karena adanya beberapa soal yang disusupi dengan materi soal bertaraf Internasional, sehingga diyakini siswa akan mengalami kesulitan saat menjawabnya.

Namun bagaimanapun, hasil akhir akan ditentukan pada hari Sabtu besok. Buat kalian yang tengah menunggu hasilnya, mohon untuk bersabar dan perbanyaklah berdoa agar hasil yang kalian terima sesuai dengan harapan kalian dan sekolah kalian lulus 100%.

Attachment: http://goo.gl/uEao0U (situs pengumuman UN SMP Jakarta)

Related Posts: