f Registrasi Online Dapodik 2016 (G5) Tanpa Perlu Download Prefill - Liputan Pendidikan

Registrasi Online Dapodik 2016 (G5) Tanpa Perlu Download Prefill

Aplikasi Dapodik 2016 - Rekan operator dimanapun Anda berada. Ingin kami sampaikan perkembangan terbaru mengenai aplikasi dapodik 2016 (dapodik G5) yang akan dirilis dalam beberapa hari kedepan. Menurut informasi yang kami terima, pada dapodik 2016 nanti, akan ada banyak sekali pengembangan dan perubahan dari sisi tampilan, pengembangan prosedur Registrasi maupun penambahan fitur dan atribut-atribut data baru lainnya.

Aplikasi Dapodik 2016

Perubahan-perubahan ini memang sengaja diberikan untuk menciptakan sebuah pendataan yang lebih komplit dan untuk kelancaran pengisian data-data terkait. Namun sebelum rekan-rekan memulai untuk melakukan instalasi aplikasi dapodik 2016, ada beberapa hal penting yang sebaiknya Anda persiapkan terlebih dulu. Hal ini menyangkut pada spesifikasi/perangkat komputer yang akan digunakan untuk menginstall dapodik 2016. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah spesifikasi teknis yang harus Anda penuhi:

A. Spesifikasi perangkat keras yang diperlukan adalah:
  • Processor minimal Pentium Core Duo
  • Memory minimal 2 GigaByte
  • Storage tersisa minimal 400 MegaByte
  • CD/DVD drive jika instalasi melalui media CD/DVD
B. Spesifikasi perangkat lunak yang diperlukan adalah:
  • Windows 7 32 & 64 Bit
  • Windows 8 32 & 64 Bit
  • Windows 8.1 32 & 64 Bit
  • Windows 10 32 & 64 Bit
  • Layar Monitor dengan resolusi minimal 1024 x 768
C. Terpasang web Browser versi baru
  • Mozilla Firefox
  • Google Chrome
  • Opera
  • Comodo
  • UC Browser

Registrasi Dapodik Secara Online Tanpa Perlu Download Prefill

Selain informasi persyaratan teknis untuk kebutuhan instalasi dapodik 2016, ada hal lain yang perlu kami sampaikan kepada rekan operator sekalian. Bahwasanya pada aplikasi dapodik 2016 (dapodik G5) ini, ada 2 metode Registrasi yang bisa dilakukan, yang pertama adalah secara offline dan secara online.

Berbeda pada registrasi secara offline yang mengharuskan operator untuk mendownload file prefill terlebih dahulu, dengan metode registrasi online dapodik 2016 ini, Anda tidak perlu lagi melakukan download prefill secara manual, sebab saat ini registrasi secara online akan otomatis dilakukan sekaligus mendownload file prefill. Namun untuk dapat melakukannya, pastikan bahwa perangkat komputer/laptop yang Anda gunakan sudah terhubung dengan koneksi internet yang stabil. Selain itu, untuk dapat mendownload prefill baik offline ataupun online, pastikan Anda telah memiliki kode registrasi sekolah. Untuk SMA dan SMK kode registrasi dapat dilihat pada laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Sedangkan untuk SD, SMP dan SLB dapat meminta/menanyakan ke KKdatadik di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.

Selain itu registrasi dapodik juga memerlukan akun dapodik dengan user dan password yang sama pada aplikasi dapodik generasi sebelumnya. Khusus untuk operator baru (SD/SMP/SLB/SMA/SMK) yang belum terdaftar pada sistem dapodik, dapat meminta user dan password Aplikasi Dapodik dari operator lama atau meminta dibuatkan akun baru kepada KKdatadik Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau langsung ke Tim Support Dapodikdasmen Pusat.

Demikian informasi penting ini kami sampaikan, agar proses pendataan dapodi dapat berjalan dengan baik dan tanpa masalah. Untuk download Installer Aplikasi Dapodik 2016, silahkan lihat pada artikel sebelumnya DISINI.

Related Posts:

1 Response to "Registrasi Online Dapodik 2016 (G5) Tanpa Perlu Download Prefill"