f Kompetensi Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI Tahun 2013 - Liputan Pendidikan

Kompetensi Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI Tahun 2013

Kompetensi Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI Tahun 2013
Kurikulum 2013 untuk tingkat sekolah dasar ( SD ) serta sederajat ( MI ) yang diberlakukan mulai tahun ajaran 2013/2014 telah dapat didownload. Badan Standar Nasional Pendidikan ( BNSP ) sudah merilis kurikulum 2013 untuk SD/MI melewati permendikbud nomor 67 tahun 2013 perihal kompetensi dasar serta susunan kurikulum SD/MI.

Pendekatan kurikulum 2013 untuk SD/MI diubah sesuai dengan kurikulum satuan pendidikan. Oleh dikarenakan itu dalam kurikulum 2013 dikerjakan penguatan tata kerja guru yang berbentuk kolaboratif. Penguatan materi dikerjakan lewat cara pendalaman serta perluasan materi yang relevan untuk siswa.

Susunan kurikulum 2013 terdiri dari kompetensi inti serta kompetensi dasar ( KD ). Kompetensi inti dirancang bersamaan dengan meningkatnya umur siswa pada kelas spesifik. Melewati kompetensi inti, integrasi vertikal beragam kompetensi dasar pada kelas yang tidak sama bisa dijaga.

Kompetensi dasar dirumuskan untuk meraih kompetensi inti. Rumusan kompetensi dasar dikembangkan memperhatikan karakteristik siswa, kekuatan awal, dan ciri dari satu mata pelajaran. Anda bisa lihat salinan kompetensi inti serta kompetensi dasar ( kd ) kurikulum 2013 di akhir tulisan ini.

Beban belajar kurikulum 2013 untuk kelas I yaitu 30 jam, kelas II 32 jam, kelas III 34 jam, namun kelas IV, V, serta VI yaitu 36 jam. Dengan durasi tiap-tiap satu jam evaluasi yaitu 35 menit. Sebagai evaluasi tematik terpadu, angka jumlah jam pelajaran per minggu untuk setiap mata pelajaran yaitu relatif. Guru bisa menyesuaikannya sesuai keperluan siswa dalam pencapaian kompetensi yang diinginkan.

Attachment

Related Posts:

1 Response to "Kompetensi Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI Tahun 2013"

  1. selamat pagi, !
    mohon saya minta contoh jadwal pelajaran dalam kurikulum 2013 sd/mi.
    terima kasih sebelumnya. da Jombang jatim.

    BalasHapus