Cara Memindahkan Data PTK Baru dan Siswa Baru ke Tabel Utama Dapodik 2013


Cara Memindahkan PTK dan Peserta Didik ke Tabel Utama Dapodik
Untuk anda yang mempunyai persoalan dalam memindahkan Data PTK Baru dan Siswa Baru ke tabel utama, saat ini kami akan berikan sedikit penjelasan serta yang pastinya solusi untuk permasalahan ini. Jadi intinya seperti ini, bila anda memakai Aplikasi Dapodikdas 2013 Versi 2.0.3, maka waktu anda memberikan Data PTK Baru maupun Siswa Baru yang berlangsung ialah data tersebut tidak langsung masuk ke tabel utama, tetapi tetap tersimpan di tabel penampungan.

Nah pertanyaannya, mengapa tidak langsung masuk ke tabel utama? Hal ini dikarenakan supaya tidak ada data double (satu orang mempunyai id ganda), oleh karenanya dibutuhkan sinkronisasi untuk mencari data PTK/Siswa baru tersebut di server, apakah telah ada atau belum.

Namun anda tidak perlu khawatir dengan permasalahan ini, karena di sini kami akan berikan solusi untuk memindahkan data PTK Baru serta Siswa Baru ke Tabel Utama. Berikut adalah langkahnya:
  • Data mesti tervalidasi (Hingga Jumlah Invalid 0) 
  • Lakukan Sinkronisasi 
  • Bila data ada di server maka automatis masuk ke Tabel Utama, bila tidak maka ditandai dengan tanda seru berwarna merah 
  • Yang ditandai merah silahkan geser manual, disana ada menu "Pindah ke Tabel Utama" 
  • Jika sudah, silahkan lengkapi data tersebut dengan menu "Ubah Data" di Tabel Utama 
  • Validasi lagi hingga Jumlah Invalid 0 
  • Serta yang paling akhir yang jadi kewajiban untuk OPS untuk menyingkronkan Dapodik 2013 Anda.
Yang perlu anda ketahui, Dapodikdas 2013 Versi 2.0.3 ini masih belum sempurna, masih banyak kekurangan di sana-sini termasuk dalam permasalahan sinkronisasi ke server dapodik. Nantinya permasalahan tersebut dapat teratasi setelah Dapodikdas 2013 Versi 2.0.4 diluncurkan.

Related Posts:

40 Responses to "Cara Memindahkan Data PTK Baru dan Siswa Baru ke Tabel Utama Dapodik 2013"

  1. Mohon bantuan: saya sudah lakukan langkah2 diatas. validasi sudah 0, saya sudah lakukan sinkronisasi, dan berhasil. tapi tetap saja siswa baru tidak ada yang pindah ke tabel utama, bahkan setelah saya tekan tombol pindah ke tabel utama selalu ada peringatan "Mohon pilih data yang gagal ditemukan di server (ditandai merah)". -> saya cek tidak ada data yang ditandai merah. Bingung saya jadinya,,, Mohon Penjelasan dan Bantuannya? terimakasih..
    mohon jawaban dikirim juga ke email: muhtarcpk_bks@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana pak sama kasus dengan saya, apa sudah dapat solusi, mohon bagi-bagi caaranya ke maarsandi@gmail.com

      Hapus
    2. Saya juga sama pak, mohon solusinya.
      Mohon solusinya ke email oktapianussuryadi22@gmail.com

      Hapus
    3. saya juga sama pak, bagaimana cara memindahkan data ke halaman depan
      mohon bantuannya pak, bramanasitepu@gmail.com

      Hapus
    4. Ha..ha...ha...ha...kasusnya sama solusinya juga harus bersama-sama yaitu para OPS mogok kerja...kayak pak Dokter dan Bu Dokter kapan hari itu eh...bercanda lo..saya takut dianggap provokator nanti!!!

      Hapus
  2. Gimana nie pak,, katanya kasus di atas dapat teratasi setelah Dapodikdas 2013 Versi 2.0.4 diluncurkan.,,tp mengapa tetap sj sama selalu ada peringatan "Mohon pilih data yang gagal ditemukan di server (ditandai merah)" setiap kali PTK dan Peserta didik mau dipindahkan ke tabel utama,,,tolong caranya pak ke hs.shue461e@gmail.com,,atau ke sdn2unaaha@gmail.com dan sdn2ambekairi@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Operator sekolah jadi kelinci percobaan program Dapodik yang belum siap !.

      Hapus
    2. Sekedar Info Pada PATCH 204.29112013 terdapat celah pada program systim 32, yang mana dengan mudah virus spam untuk masuk dan mengubah perintah. lebih baik becup data dan Uninstal dapodik 203, instal kembali dengan dapodik 204 (bukan PATCH) apabila dipaksakan menginstal patch 204 akan eror/NaN/aplikasi tidak ditemukan.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. beginilah nasib operator DAPODIK
    data banyak, capek, aplikasi belum sempurnya
    eee...di patch ke versi 2.0.4 yang katanya penyelesai masalah... eee... malah ada masalah baru kolom No.SKHUN gak muncul...
    mohon ampun...

    BalasHapus
  5. Saya mau tanya.kenapa pacth 2.04 selalu membuat saya pusing.contohnya dta PTK setelah doawnload di Profil sekolah.mlah ad data PTK ynag ganda.mohon solusinya.bagaimana cara nya supaya Data PTK tersebut tidak ganda.padahal.data aslinya cuma 1.

    BalasHapus
  6. mohon bantuannya ,setelah data di doawnload ternyata ada data PTK yang ganda, jd bagaimana cara merubah data ganda PTK tersebut?

    BalasHapus
  7. dapodik versi baru malah ndak mutu pak.... bukanya tambah praktis malah bikin pusing.

    BalasHapus
  8. Satu Kelemahan dari DAPODIK 2013 menginstallnya dipatok pada Lokal C;/ tidak bisa di instal pada Local Lain. Dan Operator dituntut/dipaksa untuk selalu mengapdet dengan kata lain 30 Hari mencari Cinta. Browser pada dapur Program Dapodik terdapat Patch 204.exe dan 204.29112013. kalau tidak salah sebanyak 2x dengan nama yang sama(204.29112013) Kapasitasnya yang berbeda. 7,10 M dan 7,1.
    Ini yang membuat OPS setanah air bingung. Banyak pertanyaan dari rekan - rekan OPS tetapi hanya sebagian kecil dari sekian ribu pertanyaan yang dijawab. Malahan hanya mengalihkan dengan Memposting gambar dan Tulisan Dilarang Menggunakan Huruf BESAR an gambar yang tidak berhubungan dengan DAPODIK.Ini Bukan Solusi terbaik dari Pertanyaan OPS setanah air. Apa Programer DAPODIK belum menemukan solusi atau lagi sibuk membuat patch yang baru.untung kalau bisa menemukan solusi dengan Patch terbaru tetapi jangan sampai PATCH 20XXX menimbulkan Masalah Baru. Admin Dapodik PUSAT Hanya DIAM.

    BalasHapus
  9. saya POS juga bingung, kita harap patc 204 lebih baik dari sebelumnya ternyata tetap sama. peserta baru tetap tdk bisa dipindah ke table utama. toloooooong gimana caranya.

    BalasHapus
  10. Kalau dilihat dr komentar2 diatas semua bingung dengan program dapodik, begitupun sy yg notabene adalah pekerja freelance yg tidak mendapatkan sosialisasi, hanya mengandalkan "googling" dr satu thread ke thread yg lain. Patch 2.04 yg kata'a dpt menyelesaikan mslh para operator ternyata sm sj. Penambahan peserta baru tetap tidak bs dipindahkan ke tabel utama. Padahal Validasi sdh Invalid 0, Sinkronisasi sdh Up To Date, tetap gak bisa. Lha terus kapan mau selesai pekerjaan sy ini ??? Piye jal ....

    BalasHapus
  11. aku juga sama sudah singkronisasi, uptodate, patch 2.04, tapi tetap sama PTK baru belum bisa masuk tabel dan PD baru juga wah tambah pusing......,gimana yah solusinya ? Pertanyaan saya apakah sudah adsa yang berhasil memindahkan PTK ke tabel utama ?

    BalasHapus
  12. yang penting 30 desember terakhir walau tanpa PTK baru dan PD baru

    BalasHapus
  13. rata-rata masalah yang diungkapkan sama dengan masalah yang saya hadapi.
    yang jadi pertanyaan sekarang, apakah syncronisasinya sudah berhasil atau tidak, karenan walau sudah kita syncron 100%, tetapi selama kalimat yang muncul setelah syncron belum menyatakan "ALL REAL DATA UP TO DATE" maka proses syncron dikatankan gagal walau sudah terbaca di progres pengiriman.

    intinya jika kalimatnya masih NOUL TABEL , walau sudah 100% syncron,, dianggap gagal sehingga masalh-masalah yang dihadapi OPS belum bisa ditanggulangi.
    "sebatas yang saya tahu"

    bisa juga syncron tdk bisa normal diakibatkan sinyal yang kurang, atau server sedang sibuk merekam data se-Indonesia,

    BalasHapus
  14. Bat opr pusat...sampaikan sm yg buat program dapodik, klau belum matang jangan dikasi mkn donk...!!!

    BalasHapus
  15. Jadi ikut binggung aku... Harus gimana dong? Tandai merah yang di maksud tu gimana cara nandainya... heran aku...

    BalasHapus
  16. Sekarang kita tunggu...apa Operator Sekolah atau Operator Pusat yang menyerah? Untuk Pusat sebaiknya menyerah dan siapkan alternatif lain agar sekolah bisa mengirimkan data dengan mudah.

    BalasHapus
  17. dari semua komentar yang telah ditulis, terdapat uneg2 dalam hati saya yaitu "KAPAN SEMUA PERMASALAHAN INI AKAN BERAKHIR??????"

    BalasHapus
  18. Mohon bantuan bagi rekan-rekan OPS. Maklum saya operator baru yang tdk pernah dapat sosialisasi. Karena PTK baru tidak bisa dimasukkan ke tabel utama (Sebut saja PTK baru tersebut Ibu A), terus rombel yang diajar oleh Ibu A tersebut untuk sementara diisi dengan siapa sebelum sinkonisasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kang masalahnya dengan saya eta mah ...ehehe..

      Hapus
  19. semua permasalahan yang di sampaikan oleh rekan2 sama seperti saya.. tidak dapat memindahkan ptk dan siswa baru ke menu utama
    sehingga menghambat, contohya, tidak dapat memindahkan ptk. sedangkan rombel harus diisi.. ......

    BalasHapus
  20. Gimana apa udah ada solusi menambahkan PTK/Siswa Baru Mohon Infox Trims

    BalasHapus
  21. Iya sepertinya semua kita mengalami kendala yang sama apa karena hal yg baru atau gk tau ah yg penting sekarang gimana carax supaya Siswa baru dan PTK baru msuk gtu aja setujukan teman - teman ?

    BalasHapus
  22. Saya baca sebuat artikel kalau PD dan PTK belum berwarna merah sebelah kirinya artinya belum bisa masuk tabel utama, kita harus Syncronisasi lagi ber ulang ulang. Namun setelah saya lakukan hasilnya ....sami mawon. Kalau begini terus istilah "DAPODIKDAS" ganti saja dg "DAPODIK DAAAAAAAA" maaf ..gurau biar gak strees.

    BalasHapus
  23. sedangkan warga dalam kota pusing, gimana dengan aku, masalah saya sama seperti semua ops yang lain. jadi bantuan tolong cepat

    BalasHapus
  24. untung aja ditempatku gak ada PTK Baru... xixixixixixi

    BalasHapus
  25. Udah cari info sana sini sampai detik ini ternyata pemindahan data ptk dan siswa baru dari tabel penampung ke tabel utama belum jg menemukan solusi, oh betapa malang nya OPS se indonesia, apa lagi yg tidak mendapat imbalan apa2 seperti saya...

    BalasHapus
  26. masalah kita sama, sudah berulang kali saya lakukan sinkronisasi, berhasil, namun tidak ada PD baru yang pindah ke tabel utama.

    BalasHapus
  27. kita sama sudah lakukan singkronisasi data tetap tidak bisa pindah ke tabel utama padahan sudah pakai persi 205 bagi yang punya solusi tolong di bantu infokan ke suhermanto2110@yahoo.co.id sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

    BalasHapus
  28. saya sampai sekarang juga masih bingung memindahkan ke tabel utama padahal sudah versi terbaru 205, tolong rekan ops yg sdh bisa kasih-kasih infonya ke smpn10.muarojambi@gmail.com...

    BalasHapus
  29. bos operator yang menciptakan program....mohon dijawab.....bagaiamana saya sdh menambah PTK baru + saya pindahkan ketabel utama....eh di tabel utama nama PTK yang saya masukkan tadi gak muncul...malahan waktu dipalidasi muncul kalimat/data ptk yng saya masukkan tadi ada kelasalahan(tanda merah).....gimana?dimana saya memperbaiki data ptk ....di data PTK gak muncul,,,di tambahan PTK gak ada lg.tapi di validasi gak bisa...apalagi singkronisasi..karn belum valid.....apa munggkin datanya nyangkut di dunia lain....MOHON SOLUSI WAHAI PENCIPTA PROGRAM....bantu kita.biar bisa
    BY alhadiya5@gmail.com

    BalasHapus
  30. bagaimana memindahkan PTK ke tabel utama yang terlanjur up date
    patch 206

    BalasHapus
  31. path ku dan 206 ...
    aku mau tanya masalah PTK ganda di server dapodik ...
    itu gimana ya ?, kenapa ada data PTK yg ganda ...
    padalah di aplikasi dapodik yg di laptop sudah benar ?
    mohon bantuannya

    BalasHapus