f Aplikasi BSD 207 Untuk Yang Gagal Sinkronisasi Dapodikdas 2013 - Liputan Pendidikan

Aplikasi BSD 207 Untuk Yang Gagal Sinkronisasi Dapodikdas 2013

Dapodikdas 2013 hingga saat ini masih menuai permasalahan khususnya pada saat melakukan sinkronisasi, meskipun aplikasi dapodik sendiri sudah sampai di versi patch 207 namun hingga detik ini sinkronisasi masih terus mengalami masalah yang berakibat pada banyaknya operator sekolah yang sampai saat ini belum berhasil mengirimkan data dapodiknya. Sebagai mana yang diketahui bersama, dapodik sangat terkait dengan masalah Aneka Tunjungan Guru seperti Sertifikasi dan Tunjangan Fungsional (Tufu). Jika dapodik tidak beres maka SKTP (SK Dirjen) pun tidak akan keluar dan dapat dipastikan Dana Sertifikasi yang jutaan nilainya tidak bakal cair ke kantong PTK.

Aplikasi BSD 207

Namun permasalahan sinkronisasi tersebut tidak serta merta dibiarkan begitu saja, TIM P2TK Dikdas terus berupaya agar Tunjangan Sertifikasi dapat diterima oleh PTK sebagainya jadwal yang sudah ditentukan. Maka dari itu, khusus untuk percepatan pencairan sertifikasi, P2TK mengeluarkan aplikasi Backup Sinkron Dapodik atau yang lebih dikenal dengan BSD Versi terbaru yakni 207. Dengan dikeluarkannya aplikasi BSD 207 Dapodikdas ini akan mempermudah kerja operator sekolah dalam membackup data dapodik dan mengirimkannya ke server dapodik sehingga data PTK bisa di rekap dan divalidasi dengan cepat. Untuk mendapatkan Aplikasi BSD Terbaru, Anda bisa mengambilnya pada attachment di akhir tulisan ini.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan instalasi aplikasi BSD 207:
  • Pastikan Anda sudah menggunakan aplikasi Dapodikdas 207, karena BSD 207 hanya membaca data dari aplikasi dapodik 2013 versi 207.
  • Pastikan data yang akan Anda kirimkan dengan BSD 207 sudah final dan tidak ada perubahan lagi.
  • Jika Anda sudah pernah menginstal aplikasi BSD Versi sebelumnya, maka uninstal terlebih dahulu aplikasi yang lama dan diikuti dengan restart komputer/ laptop anda.
  • Untuk dapat menginstal aplikasi BSD 207 dan mengirimnya ke server Dapodik, pastikan Anda telah terhubung dengan internet yang memiliki kecepatan stabil, agar proses pengiriman dapat berjalan lancar.
  • Lakukan pengiriman pada jam-jam istirahat (diluar jam kerja), yang terbaik adalah pada saat malam sekitar pukul 21.00 WIB s/d 01.00 (dini hari).
Sebagai tanda kalau pengiriman database dapodik melalui aplikasi BSD 207 berhasil, maka Anda akan menerima pesan sebagai berikut "File diterima server ..." dengan ukuran file diatas 9kb. Namun jika yang muncul pesan lain, maka lakukan sinkronisasi ulang hingga proses sinkron sukses.

Attachment: http://goo.gl/NLnfjB

Related Posts:

2 Responses to "Aplikasi BSD 207 Untuk Yang Gagal Sinkronisasi Dapodikdas 2013"

  1. Sangat susah untuk sinkron aplikasi BSD, setelah sinkron selalu muncul gagal sinkron, mohon penjelasan tentang solusinya.

    BalasHapus
  2. sering terjadi kegagalan sinkron BSD ................ solusinya ?

    BalasHapus