f Aplikasi Installer dan Patch Dapodikdas Versi 3.0.1 Sudah di Rilis - Liputan Pendidikan

Aplikasi Installer dan Patch Dapodikdas Versi 3.0.1 Sudah di Rilis

Aplikasi Installer dan Patch Dapodikdas Versi 3.0.1

Kabar gembira bagi operator sekolah (operator dapodik) yang punya permasalahan untuk data siswa atau data NISN yang salah, sekarang di Dapodikdas Versi terbaru 3.0.1 ini Anda dapat merubah/memperbaiki data NISN yang salah dengan mudah.

Jika di aplikasi dapodikdas versi sebelumnya 3.0.0, Nama dan Tanggal Lahir Siswa tidak dapat diubah (dikunci), kini di aplikasi terbaru ini fitur tersebut kembali diaktifkan. Silahkan ambil file Installer dan Patch Dapodikdas V 3.0.1 di attachment di akhir artikel ini.

Terkait dengan dirilisnya aplikasi installer dan patch Dapodikdas V 3.0.1 ini, P2TK Dikdas mengambil kebijakan lantaran banyaknya permintaan dari pihak operator sekolah terkait data NISN yang salah. Apalagi NISN ini sangat perlukan menjelang Ujian Sekolah yang datanya harus benar-benar valid, sedangkan data siswa yang ada saat ini masih banyak yang belum valid.

Baca juga:
  1. Aplikasi Installer Dapodikdas Versi 3.0.0
  2. Aplikasi BSD 207 Untuk Yang Gagal Sinkronisasi Dapodikdas 2013
  3. Backup Database Dapodik Terbaru dengan Dapodik Helper 2014
  4. Cara Update Patch Aplikasi Dapodikdas Versi 2.0.2 Terbaru
  5. Cara Mendapatkan Kode Registrasi Dapodikdas v 2.0 Tahun 2013
Selain itu maraknya aksi operator sekolah yang selalu mencari-cari cara agar dapat melakukan edit NISN dengan metode "Inspect Element" ternyata tidak benar-benar bekerja sesuai harapan. Bahkan banyak operator yang mengatakan bahwa cara tersebut hanya merusak data di server Dapodikdas. Sehingga untuk mengatasi hal ini, perlu dilakukan kebijakan untuk mengaktifkan kembali fitur edit Nama dan Tanggal Lahir di aplikasi Dapodikdas agar tidak lagi terjadi permasalahan seperti ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut hal-hal yang perlu dipahami/dilakukan setelah Anda menginstall aplikasi Dapodikdas V 3.0.1:
  1. Kepada operator sekolah yang belum melakukan pengisian data valid di aplikasi Dapodikdas, harap segera mengisi dan melakukan sinkronisasi ke server Dapodikdas.
  2. Untuk kepentingan peserta yang akan mengikuti Ujian Sekolah 2014/2015, terkait NISN harap segera memvalidasi datanya. Jika ada kesalahan data NISN, operator segera memperbaiki data di Dapodikdas versi terbaru dan mengirimkannya kembali ke server Dapodikdas (Sinkronisasi). Pastikan semua data sudah sesuai dengan data pada akte lahir. 
  3. Untuk PTK, operator juga diminta untuk melakukan pengecakan Nama dan Tanggal Lahir PTK, pastikan sudah sesuai dengan data di Akte atau surat keterangan yang valid. Lalu sinkronisasi kembali ke server Dapodikdas.
  4. Melakukan sinkronisasi data kembali setelah melakukan perbaikan data tersebut paling lambat tanggal 20 Nopember 2014.
Pentin! Untuk perbaikan data (nama siswa dan tanggal lahir) setelah tanggal 20 Nopember 2014, bisa Anda lakukan secara manual melalui Verval Peserta Didik yakni dengan mengirimkan scan bukti terkait data yang salah ke server PT2K. Jadi jika tidak ingin repot dengan urusan ini, maka segeralah perbaiki data siswa Anda dengan data yang benar-benar valid.

Attachment: http://gg.gg/dapodik_v3-0-1 (Installer dan Patch Dapodikdas v 3.0.1)

Related Posts: